Kamis, 28 Maret 2013

Hati-Hati, Makan Daging Olahan Bisa Menyebabkan Radang Usus!

Bahaya Daging Olahan, Bahaya fast food, makanan cepat saji, daging pabrik
Ol-Magazine.com - Anda suka makan-makanan cepat saji atau fast food? Atau Anda memang sengaja makan daging olahan seperti ini dengan alasan untuk menghindari hipertensi?

Mulai sekarang cobalah untuk mulai mengurangi porsi makan makanan tersebut. Makanan dari daging olahan dapat menyebabkan radang usus (IBD/Inflammatory Bowel Disease). Sudah banyak penelitian yang mengaitkan asam lemak omega-6 tertinggi melalui konsumsi daging olahan dengan faktor risiko penyakit radang usus.

Dan dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh peneliti dari Baylor College of Medicine telah mempelajari hasil dari 19 studi terpisah yang dilakukan terhadap total 2.609 pasien IBD dan 4.000 orang dalam kontrol sehat.

Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa orang yang memiliki asupan yang cukup terhadap buah dan serat memiliki resiko IBD yang rendah. Sedangkan, orang yang cenderung memiliki banyak asupan lemak jenuh, mono dan polyunsaturated fat, dan asam lemak omega-6 dari daging olahan memiliki resiko tinggi terhadap IBD.

Penyakit radang usus seperti ini dapat dialami oleh siapa saja, meskipun penyakit ini lebih banyak terjadi pada orang-orang yang berusia di antara 20-30 tahun.

Umumnya penyakit ini memiliki gejala sakit perut hingga diare berdarah. Bahayanya, penyakit ini dapat menghambat penyerapan nutrisi oleh tubuh, sehingga dapat menjurus ke kekurangan gizi. Jika sudah parah, penderita IBD biasanya harus melakukan operasi pengangkatan usus besar.
Label:

Hiburan

Terhangat

Di Facebook