Sabtu, 08 Juni 2013

Faktor Penyebab Rambut Rontok pada Pria dan Wanita

Ol-Magazine.com - Faktor penyebab rambut rontok Anda bisa bermacam-macam. Masalah rambut rontok seperti ini sangat dikhawatirkan oleh wanita, walaupun tidak menutup kemungkinan pria juga khawatir akan masalah ini, terutama bagi kalangan pabrik figur.

penyebab rambut rontok pada pria, penyebab rambut rontok pada wanita
Rambut rontok
Banyak sekali hal yang menjadi alasan rambut rontok. Ketidakseimbangan hormon, faktor gen, rokok, dan beberapa faktor penyebab rambut rontok lainnya akan dibahas lengkap di sini.

Nah, beberapa faktor yang menyebabkan rontoknya rambut pada pria dapat disebabkan oleh gen. Gen mengatur segala aktivitas sel-sel tubuh, tidak terkecuali rambut. Hal ini menyebabkan kebotakan sejak lahir, lanjutan, dan dapat menjadi permanen. Selain gen, beberapa jenis ras ternyata rentan terhadap kerontokan rambut. Paling banyak ras dari Asia berkulit hitam, termasuk Indonesia. Tidak dapat dipungkiri faktor usia dapat menjadi faktor penyebab rambut rontok, banyak sel-sel penyusun rambut yang akan mulai menurun, dan akhirnya rambut menjadi rontok. Perubahan hormonal juga dapat menjadi salah satu penyebab hal ini. Androgen yang berlebih dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.

Sedangkan pada wanita, kerontokan rambut dapat disebabkan oleh faktor yang sama dengan pria. Hanya saja yang membedakan pada wanita lebih banyak faktor rambut rontok, seperti kehamilan dan persalinan. Rambut biasanya akan rontok pada waktu 3 bulan setelah melahirkan. Kondisi seperti ini sering disebut telogen effluvium. Juga faktor lainnya adalah menopause. Banyak gejala menopause, dan yang tersering adalah rontoknya rambut.

Di samping semua faktor di atas, faktor gizi, emosional, penyakit lain juga dapat menyebabkan rontoknya rambut seseorang. Mulai sekarang biasakanlah hidup sehat agar tidak sampai mengalami kebotakan dini mengingat waktu Anda yang masih panjang.
Label:

Hiburan

Terhangat

Di Facebook