Senin, 08 Juli 2013

6 Tips Sehat Selama Berpuasa Ramadhan

Tips sehat berpuasa, Agar tetap sehat saat puasa, Tidak lemas saat puasa
Ol-Magazine.com - Menyambut bulan Ramadhan yang akan jatuh pada 9 Juli 2013 nanti, tentunya perlu sebuah persiapan jasmani dan rohani. Selama berpuasa Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tubuh tetap fit dan sehat.

Tips sehat selama berpuasa Ramadhan

Bekali dengan karbohidrat, protein dan vitamin
Saat sahur, makanlah makanan yang kaya akan karbohidrat dari nasi, protein dari daging dan susu, serta vitamin dari buah-buahan dan sayur untuk bekal puasa Anda sampai waktu berbuka.

Tidur awal siang
Tidur setelah sahur sangat amat tidak dianjurkan dan tidak baik bagi kesehatan. Namun, tidur di awal waktu siang sekitar pukul 9-10 jika memungkinkan, ini akan memberi waktu bagi tubuh untuk mengumpulkan energi agar tubuh tidak lemas. Sebisa mungkin hindari panas matahari agar tidak menimbulkan dehidrasi.

Minimalkan aktivitas fisik
Minimalkan seminimal mungkin aktivitas fisik tanpa mengganggu keseharian Anda, agar bekal sahur Anda tetap awet dan tidak cepat menjadi energi yang terbuang.

Minum yang cukup
Selama berpuasa seharian penuh, tentu tubuh akan kehilangan banyak cairan. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik sangat mutlak dilakukan. Penuhi asupan cairan yang hilang saat/setelah berbuka. Kebutuhan hidrasi tubuh manusia sekitar 1,5 liter/hari.

Ikuti nasehat medis
Jika Anda termasuk orang yang lemah fisik, wanita hamil, penderita suatu penyakit yang mewajibkan konsumsi obat secara rutin, sebaiknya konsultasikan dengan ahli medis Anda terlebih dahulu. Segera batalkan puasa Anda bila mendapatkan masalah kesehatan selama berpuasa.

Berbuka dengan makanan ringan
Jangan langsung mengambil porsi berat saat Anda berbuka. Anjuran untuk berbuka dengan makanan yang manis hendaklah juga jangan Anda lebih-lebihkan. Berbukalah dengan makanan seperti sup buah, kurma, dan makanan-makanan ringan lain secukupnya. Makan porsi besar setelah Anda sholat maghrib akan lebih baik.
Label:

Hiburan

Terhangat

Di Facebook