Minggu, 08 November 2015

Rambut Beruban di Usia Muda, Berikut Cara Mengatasinya

OL-Magazine.com – Salah satu tanda-tanda seseorang memasuki usia lanjut adalah munculnya uban di kepala. Namun bagaimana jika nyatanya uban muncul di usia-usia yang masih tergolong muda? Banyak faktor yang menyebabkan uban di kepala, bukan hanya faktor usia, di sini kami mencoba mengulasnya.

Penyebab Rambut Beruban

Sebelum melihat cara mengatasi rambut beruban di usia muda, ketahu terlebih dahulu penyebab rambut beruban (khususnya di usia muda) berikut. Selain karena usia, rambut beruban karena beberapa hal, yakni:

Stres

Rambut beruban – nyunyu.com
Stres menyebabkan terhambatnya sekresi melanin oleh sel yang bernama melanosit yang berfungsi sebagai pigmen alami rambut. Kenali rutinitas Anda selama ini, mungkin stres inilah yang menyebabkan rambut Anda beruban.

Rokok

Rokok adalah hal yang membunuh Anda. Perlahan dari sel, jaringan, organ, dan seterusnya sampai akhirnya keseluruhan dari tubuh Anda. Salah satunya adalah sel dan jaringan rambut yang beruban adalah dampak dari kebiasaan merokok.

Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 membantu meregenerasi fungsi-fungsi tubuh. Pastikan Anda tidak kekurangan vitamin B12 ini. Sumber vitamin B12 dapat diperoleh dari makanan, seperti daging, unggas, makanan laut, susu, telur, dan suplemen. Seberapa banyak vitamin B12 yang Anda butuhkan akan tergantung dari berapa usia Anda.

Kebiasaan

Kebiasaan jarang memperhatikan kebersihan kepala dan rambut juga menyebabkan rambut Anda beruban. Oleh karena itu, keramaslah sesuai kebutuhan Anda. Untuk frekuensi keramas, Anda dapat mencoba bereksperimen, seminggu tiga kali, seminggu dua kali, atau apapun, coba bandingkan hasil terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai patokan kapan Anda harus keramas.

Gen (Keturunan)

Semua sifat fisik Anda diatur oleh gen yang mana diturunkan dari orang tua Anda. Bisa jadi orang tua Anda mengalami hal yang sama seperti yang Anda alami saat ini, yang kemudian diturunkan kepada Anda.

Cara Mengatasi

Lalu bagaimana cara mengatasi rambut beruban di usia muda? Dilihat dari faktor penyebab rambut beruban di atas, maka cara terbaik mengatasi rambut beruban adalah menghindari stres, tidak merokok, mencukupi kebutuhan vitamin B12, dan memperbaiki kebiasaan yang tidak baik bagi rambut. Dan perlu diingat, JANGAN pernah mencabuti uban yang sudah ada. Mencabuti uban hanya akan menambah jumlah uban karena merusak jaringan yang ada di kepala.

Terkait: Cara Mencegah Kebotakan Dini di Usia Muda
Label:

Hiburan

Terhangat

Di Facebook