Selasa, 18 Desember 2012

Mengenal Herpes, Sebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Ol-Magazine.com - Herpes, adalah sebuah penyakit kulit yang umumnya disebabkan oleh virus. Pemahaman yang salah mengenai penyebab timbulnya penyakit ini biasanya diprasangkai sepenuhnya karena hubungan seksual yang tidak sehat, padahal penyebab utama penyakit herpes adalah infeksi virus.

Gejala

Penyakit ini ditandai dengan rasa tidak enak badan, demam, nyeri / pegal-pegal, dan dapat pula disertai sesak nafas. Saat ini, penyakit herpes sendiri dibagi menjadi dua menurut jenis virus penyebabnya, yaitu herpes zoster dan herpes simpleks.

Sebab - Jenis Herpes

Herpes zoster
Herpes zoster yang umumnya paling banyak terjadi, disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Mirip seperti cacar air yang menimbulkan gelembung-gelembung pada kulit berwarna merah kecoklatan karena virus ini juga yang menyebabkan penyakit cacar air. Gelembung-gelembung ini yang nantinya akan menyebabkan infeksi pada kulit apabila pecah. Herpes zoster dapat menginfeksi ke seluruh bagian kulit tubuh.

Herpes genitalis
Berbeda dengan herpes simpleks atau herpes genitalis yang disebabkan oleh virus yang berasal dari hubungan seksual yang tidak sehat, jenis penyakit herpes ini banyak terjadi di wilayah Amerika, khususnya Amerika Serikat, penyakit ini telah menginfeksi hampir sebanyak 20% orang dewasa di sana. Virus herpes simpleks, merupakan virus yang sulit untuk dimatikan, sehingga sewaktu-waktu dapat kembali kambuh menginfeksi setelah beberapa waktu penderita dinyatakan sembuh. Khusus herpes simpleks lebih sering menyerang pada organ-organ seksual dan di sekitarnya.

Penularan

Penularan herpes selain murni akibat infeksi virus, penyakit ini dapat menular melalui kontak mata dengan penderita, sentuhan dengan bagian yang terinfeksi, dan hubungan seksual dengan penderita.

Pengobatan

Untuk menyembuhkan penyakit herpes sendiri dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan medis yang dapat dikonsultasikan dengan ahli medis seperti dokter spesialis, dan dokter pribadi anda.



Sumber dan Referensi : Google.co.id

Label:

Hiburan

Terhangat

Di Facebook