Rabu, 30 Januari 2013

Redenominasi Rupiah, Uang Rp. 1000,- Jadi Rp. 1,-

Redenominasi Rupiah
Ol-Magazine.com - Redenominasi rupiah kini sedang menjadi perbincangan hangat publik. Redenominasi yang berarti "penyederhanaan", dalam konteks ini nanti menjadi penyederhanaan nilai mata uang Rupiah.


Hanya menghilangkan 3 buah digit "0" atau dengan kata lain menjadi 1/1000 nya. Jadi, nanti Dollar AS yang sekarang bernilai kisaran Rp. 9.600,- nanti akan menjadi Rp. 9,6. Jadi perubahan ini sama sekali tidak mengurangi nilai jual, benda atau apapun.

Pengalaman redenominasi ini menjadi yang pertama bagi Indonesia. Rencananya ini mulai akan diberlakukan 2014 nanti. Sosialisasi dalam hal redenominasi nilai Rupiah ini harus dijalankan dengan baik, dikhawatirkan banyak sepkulasi dari masyarakat yang akan menimbulkan berbagai kekhawatiran seperti mengalihkan investasi ke emas atau tanah, tidak dalam bentuk uang, dan sebagainya.

Namun, jika pemerintah gagal dalam sosialisasi ini, bukan saja dikhawatirkan akan terjadinya kekhawatiran masyarakat, namun juga kepercayaan terhadap mata uang Rupiah juga akan turun seperti yang pernah terjadi di Zimbabwe, harga 1 buah piring yang semula hanya Rp. 10.000,- menjadi Rp. 20.000,-.(suaramerdeka)

Hiburan

Terhangat

Di Facebook