Minggu, 23 Juni 2013

Malam Penuh Ampunan, Nisfu Sya'ban

Pengertian Nisfu Sya'ban, Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban, Mukjizat Nisfu Sya'banOl-Magazine.com - Nisfu Sya'ban yang dalam Bahasa Arab berarti pertengahan adalah malam dimana dibukakannya pintu rahmat oleh Allah SWT kepada hamba-Nya. Nah, di tahun 2013 ini tanggal 15 sya'ban jatuh pada 23 Juni 2013.

Lebih lengkapnya, Nisfu Sya'ban ini diterangkan dalam kisah oleh Rasulullah SAW sebagai berikut:

"Malaikat Jibril mendatangiku pada malam Nishfu Sya'ban, seraya berkata, "Hai Muhammad, malam ini pintu-pintu langit dibuka. Bangunlah dan Shalatlah, angkat kepalamu dan tadahkan dua tanganmu kelangit."

Rasulullah SAW bertanya, "Malam apa ini Jibril ?"

Jibril menjawab. "Malam ini dibukakan 300 pintu rahmat. Tuhan mengampuni kesalahan orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu, kecuali tukang sihir, tukang nujum, orang bermusuhan, orang yg terus menerus minum khamar (arak atau minuman keras), terus menerus berzina, memakan riba, durhaka kepada ibu dan bapak, orang yang suka mengadu domba, dan orang yang memutuskan silaturahim. Tuhan tidak mengampuni mereka sampai mereka taubat dan meninggalkan kejahatan mereka itu."

Rasulullah pun keluar rumah, lentas mengerjakan shalat dengan sendirian dan menangis dalam sujudnya, seraya berdoa:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari azab dan siksa-Mu serta kemurkaan-Mu
Tiada kubatasi pujian-pujian kepada-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu, maka bagi-Mu lah segala pujia-pujian itu hingga Engkau rela." (HR. Abu Hurairah)

Keutamaan malam Nisfu Sya'ban

Beberapa keutamaan di malam Nisfu Sya'ban telah dijelaskan dalam beberapa hadist di bawah ini:

Aisyah RA bercerita bahwa pada suatu malam dia kehilangan Rasulullah SAW, ia keluar mencari dan akhirnya menemukan beliau di pekuburan Baqi', sedang menengadahkan wajahnya ke langit. Beliau berkata, "Sesungguhnya Allah Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam Nishfu Sya'ban dan mengampuni (dosa) yang banyaknya melebihi jumlah bulu domba Bani Kalb." (HR. Tirmidzi, Ahmad dan Ibnu Majah)

Diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy'ari RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah SWT pada malam Nishfu Sya'ban mengawasi seluruh mahluk-Nya dan mengampuni semuanya kecuali orang musyrik atau orang yang bermusuhan." (HR. Ibnu Majah)

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jika malam Nishfu Sya'ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya, karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah SWT turun ke langit dunia dan berkata, "Adakah yang beristighfar kepada-Ku, lalu Aku mengampuninya, adakah yang memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki , adakah yang tertimpa bala?", lalu Aku menyelamatkannya, adakah yang begini, adakah yang begini?, demikian seterusnya hingga terbitnya fajar." (HR. Ibnu Majah)

Terakhir, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang mengingatkan sesama tentang kedatangan bulan ini. Maka api neraka haram baginya."

Marilah saling mendekatkan diri kepada Allah SWT di malam Nisfu Sya'ban ini, semoga Allah SWT menerima semua ibadah dan amal, serta mengampuni segala dosa yang telah kita perbuat. Aamiin.
Label:

Hiburan

Terhangat

Di Facebook