Sabtu, 22 Juni 2013

Tips agar Anak Mau Makan

supaya anak mau makan, agar mau makan, bayi mau makan, doyan makan
Ol-Magazine.com - Mengatasi anak yang sulit makan memang telah menjadi kewajiban sebagai orang tua agar buah hatinya tetap sehat dan tidak jatuh sakit. Sulit makan pada anak hal yang lumrah, apalagi anak-anak yang masih sangat kecil. Namun sebenarnya itu semua dapat disiasati agar anak mau makan.

Berikut sedikit tips agar anak Anda doyan makan:

Kenali waktunya
Kadang taksiran waktu orang tua berlainan dengan si anak. Ketika orang tua mengira bahwa anak sudah lapar, namun ternyata belum. Alhasil anak menjadi sulit makan karena belum berselera. Cara mengenali waktu yang tepat adalah dengan memberinya sedikit makanan kecil, jika Ia lahap, berarti Ia telah lapar, begitupun sebaliknya. Setelah ini, Anda akan tahu kapan Ia merasa lapar.

Buat suasana menjadi menyenangkan
Anak-anak cenderung lebih bersemangat dalam segala hal ketika Ia dalam suasanya senang. Ajaklah Ia makan di tempat yang Ia sukai. Bawalah juga mainan kegemarannya, boneka misalnya. Mainan ini juga akan membuatnya tenang dan tidak berjalan kemana-mana saat makan. Lalu, berikan kata-kata yang ramah pada anak agar Ia tidak terusik saat Ia sudah merasa senang.

Berkreativitaslah
Berkreativitaslah dalam menyajikan menu makanan anak Anda. Misal, berikan sentuhan warna-warna cerah sesuai kesenangan anak, membuat makanan (misal: buah) menjadi bahan untuk kue berbentuk hewan yang lucu, dsb.

Berikan banyak pilihan
Ada kalanya anak akan bosan pada menu yang itu itu saja, berilah Ia pilihan agar tetap berselera. Misal anak-anak kurang suka sayur dan buah, bolehlah sekali-kali memberinya makanan kesukaannya. Namun, usahakan memilih makanan yang memiliki manfaat yang sama dengan makanan yang Anda kehendaki.

Berikan Ia contoh
Anak selalu memerhatikan dan meniru orang tuanya. Perlihatkan contoh yang baik kepada anak cara makan Anda. Dan ketika Anda ingin mengenalkan makanan yang baru kepadanya, berikan bujukan "Mama paling suka sama masakan ini, cobain dong anak mama..." berikan contoh betapa kita menikmati makanan tersebut.


Bersabarlah
Kadang, anak sangat lambat makannya. Anda harus sabar akan hal ini. Asalkan makanan yang Anda berikah akan Ia lahap habis tak akan masalah. Hargailah bahwa itu cara Ia makan, nanti juga lambat laun akan cepat seiring bertambahnya usia anak.
Label:

Hiburan

Terhangat

Di Facebook